Pages

Kamis, 11 Desember 2014

SEKILAS TENTANG LADUNI | BELAJAR ISTIQOMAH

Laduni ialah pengetahuan yang diperoleh seorang saleh langsung dari Allah Swt. Melalalui ilham dan tanpa mempelajari terlebih dahulu melalui jenjang pendidikan tertentu. Oleh karna itu ilmu tersebut  bukan merupakan hasil dari proses pemikiran, melainkan sepenuhnya tergantung atas kehendak Allah Swt.

Tentang adanya ilmu  laduni  ini, para ahli sufi merujuk pada surat Al-Kahfi ayat 60-82, yang mengisahkan perjummpaan Nabi Musa as dengan Nabi Khidir as. Khidir dianggap mempunyai ilmu laduni, sedangkan Musa menggunakan ilmu syari’at, ilmu pengetahuan biasa, ilmu  lahir.

Ilmu tersebut dinamakan “Laduni” karna terdapat ayat wa’allamnahu min ladunna ‘ilman (......dan yang telah Kami ajarkan  kepadanya -Khidir as.- ilmu dari sisi Kami).

Tasawuf ada yang termasuk ilmu laduin, yaitu yang diterima langsung dari seorang sufi dari Tuhannya setelah diamembersihkan hatinya dengan riadlah (tirakat) dan mujahadah (kesungguhan). Riadlah dan Mujahadah tersebut menghasilkan musyahadah (tembus pandang) pada keilahian Tuhan, setelah terbukanya hijab (dinding pembatas)antara hamba dan Tuhannya. Ketila itulah seorang hamba menerima limpahan ilmu laduni.


Ikhtiar untuk memperoleh i;mu laduni banyak dilakukan dipesantren-pesantren salaf, dengan melakukan riadlah-riadlah tertentu melalui bimbingan seorang guru. Secara umum, jalan yang ditempuh itu lebih banyak menekankan ada beningnya hati, dibanding kuatnya pemikiran.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: