Pages

Senin, 02 Desember 2013

Puisi Sholawat oleh Gusmus


Ya Rasulalloh Aku ingin seperti santri berbaju
putih yang tiba-tiba datang
menghadapmu
Duduk menyentuhkan dua
lututnya pada lutut agungmu

Dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas paha-paha
mulyamu
Lalu aku akan bertanya:
Ya Rasulalloh tentang islamku, Ya
Rasulalloh tentang imanku, Ya
Rasulalloh tentang ihsanku Ya Rasulalloh mulut dan hatiku
bersaksi tiada tuhan selain Alloh
Dan engkau Ya Rasulalloh utusan
Alloh
Tapi kusembah juga diriku
Astaghfirulloh Dan risalahmu hanya kubaca
bagai sejarah Ya Rasulalloh
Setiap saat jasadku sholat
Setiap kali tubuhku bersimpuh
Diriku jua yang kuingat
Setiap saat kubaca sholawat Setiap kali tak lupa kubaca salam
Assalamu’alaika ayyuhannabiyyu
warohmatullohi wa barokatuh
Salam kepadamu wahai nabi juga
berkat dan rahmat Alloh
Tapi tak pernah kusadari apakah di hadapanku kau menjawab
salamku
Bahkan apakah aku menyalamimu
Ya Rasulalloh ragaku berpuasa
dan jiwaku kulepas bagai kuda
Ya rasulalloh sekali-kali kubayar zakat dengan niat dapat balasan
kontan dan berlipat
Ya Rasulalloh aku pernah naik
haji sambil menaikkan gengsi
Ya Rasulalloh sudah islamkah aku
Ya Rasulalloh aku percaya Alloh dan sifat-sifat Nya
Aku percaya malaikat dan
percaya kitab-kitab suci Nya
Percaya nabi-nabi utusannya
Aku percaya akhirat, percaya
qodho’ qodar Nya seperti yang kucatat dan kuhafal dari ustadz
Tapi aku tak tahu seberapa
besar itu mempengaruhi lakuku
Ya Rasulalloh sudah imankah
aku?
Ya Rasulalloh setiap kudengar panggilan aku menghadap Alloh
Tapi apakah ia menjumpaiku
Sedang wajah dan hatiku tak
menentu
Ya Rasulalloh dapatku aku
berihsan? Ya Rasulalloh aku ingin menatap
walau sekejab
Wajahmu yang elok mengerlap
Setelah sekian lama mataku
hanya menangkap gelap
Ya Rasulalloh aku ingin mereguk senyummu yang segar
Setelah dahaga di padang
kehidupan yang hambar
Hampir membuatku terkapar
Ya Rasulalloh meski secercah,
teteskan padaku cahayamu Buat bekalku sekali lagi
Menghampiri Nya

kh mustofa bisri

Tidak ada komentar: